Senin, 15 Maret 2010

Pura Besakih Tempat Umat Memohon Selamat

Pura Besakih kini memang menjadi pusat perhatian serangkaian akan diselenggarakannya upacara acara Panca Bali Krama. Terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, pura ini berada di kaki Gunung Agung di lereng barat daya pada ketinggian sekitar 1.000 meter dari permukaan laut.

Gunung Agung yang tingginya sekitar 3.142 meter, gunung tertinggi di Bali, merupakan bagian terpenting yang tak terpisahkan dari keberadaan Pura Besakih. Berdasarkan catatan, Gunung Agung sudah pernah meletus beberapa kali pada tahun 1089, 1143, 1189, dan 1963.

Perihal berdirinya Pura Besakih, berdasarkan catatan-catatan yang terdapat dalam prasasti logam maupun lontar-lontar, disebutkan pada mulanya merupakan bangunan pelinggih kecil yang kemudian diperbesar dan diperluas secara bertahap dalam tempo yang cukup lama. Dari sumber-sumber catatan itu diketahui bahwa pada permulaan abad ke-11 yaitu tahun 1007, Pura Besakih sudah ada.

Ketika itu masih pemerintahan Airlangga di Jawa Timur (1019-1042) dan Mpu Kuturan menjadi senapati di Bali, yang berkedudukan di Silayukti, Padang Bai, Kabupaten Karangasem. Mpu Kuturan memperbesar dan memperluas Pura Besakih dengan membangun sejumlah pelinggih. Beberapa meru dibangun meniru bangunan di Jawa seperti yang ada sekarang.

Sumber lainnya menyebutkan, Maha Rsi Markendya pindah bersama rombongan sebanyak sekitar 8.000 orang dari Gunung Raung di Jawa Timur ke Bali untuk menetap dan membuka tanah-tanah pertanian serta mendirikan Pura Besakih untuk tempat memohon keselamatan dan kesejahteraan dengan menanam Panca Datu.

Kemudian, pada masa berikutnya, zaman pemerintahan Sri Wira Kesari Warmadewa sampai pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong, Pura Besakih tetap mendapatkan pemeliharaan yang baik. Hampir semua pelinggih-nya diperbaiki, arealnya diperluas, bahkan oleh Dang Hyang Dwijendra atau Pedanda Sakti Wawu Rauh ditambah dengan pelinggih beruang tiga yang sekarang terdapat di Pura Penataran Agung Besakih pada sekitar abad ke-16, pada masa pemarintahan Dalem Waturenggong di Bali.

Disebutkan, kata besakih berasal dari kata basuki yang berarti “selamat”. Kata ini berkembang menjadi basukir dan basukih, lalu menjadi besakih. Nama ini terdapat dalam dua prasasti yang disimpan di Gedong Penyimpenan di Natar Agung, sebuah prasasti di Merajan Selonding dan satu lagi di Pura Gaduh sakti di Desa Selat.

Fungsi umum Pura Besakih adalah sebagai tempat bagi umat Hindu untuk memohon keselamatan. Pada waktu Bhatara Turun Kabeh yang jatuh pada setiap Purnama Sasih Kedasa (sekitar Oktober) setiap tahunnya, seluruh umat Hindu datang datang berduyun-duyun untuk menyampaikan sujud baktinya pada Tuhan. Di pura ini juga diadakan upacara Panca Wali Krama setiap 10 tahun sekali dan terbesar adalah upacara Eka Dasa Ludra setiap 100 tahun sekali. Upacara Eka Dasa Ludra terakhir dilaksanakan pada 1973.

Dalam lontar Jaya Kesunu disebutkan Raja Sri Jayakesunu memerintahkan memasang penjor pada Hari Raya Galungan sebagai lambang Gunung Agung. Pada zaman Sri Kresna Kepakisan, seperti terdapat dalam lontar Raja Purana Besakih tentang upacara, nama pelinggih, tanah pelaba, susunan pengurus, hingga tingkat upacara, diatur dengan baik.

Struktur Pura

Sampai saat ini, Pura Besakih tetap merupakan pura terbesar di Bali, merupakan pusat tempat ibadah bagi umat Hindu di Indonesia. Kelompok Pura Besakih terdapat 18 kompleks pura yang terletak di wilayah Desa Besakih dan satu terletak di Desa Sebudhi, Kecamatan Selat, Karangasem. Selain dari pura yang disebutkan berikut, masih banyak lagi Pura Pedharman yang menjadi penyiwaan warga-warga sesungguhnya tidak dapat dipisahkan dengan Pura Agung Besakih itu sendiri. Berikut rincian pura-pura tersebut:


1. Pura Persimpangan

Terletak di Desa Kedungdung, di tengah-tengah ladang sekitar 1,5 km, di sebelah selatan Pura Penataran Agung. Di pura ini terdapat 4 buah bangunan dan pelinggih. Fungsinya sebagai tempat persimpangan sementara bhatara Besakih ketika diadakan upacara melasti (mencari toya ning) ke Toya Sah, ke Tegal Suci atau ke Batu Klotok yang dilakukan tiap-tiap tahun.


2. Pura Dalem Puri

Terletak disebelah utara tinkungan jalan terakhir, sebelum sampai di Desa Besakih sekitar 1 km di sebelah barat daya Pura Penataran Agung Besakih. Di pura ini terdapat 10 bangunan, termasuk pelinggih berbentuk gedong beratap ijuk. Fungsinya sebagai linggih bhatari Uma dan Dewi Durga. Di pura ini juga terdapat pelinggih Sang Hyang Prajapati sebagai penguasa roh manusia. Di sebelah utara terdapat tanah lapang yang disebut Tegal Penangsar.


3. Pura Manik Mas

Terletak di pinggiran sebelah kiri jalan menuju ke Pura Penataran Agung, jaraknya sekitar 750 meter di sebelah selatan Penataran Agung. Di pura ini terdapat 6 bangunan dan pelinggih, termasuk pelinggih pokoknya berbentuk gedung simpan, bertiang empat menghadap ke barat. Fungsinya sebagai linggih Ida Ratu Mas Melilit.


4. Pura Bangun Sakti

Terletak di sebelah kanan jalan menuju ke Penataran Agung dan disebelah utara Pura Manik mas. Di pura ini terdapat empat bangunan dan pelinggih. Pelinggih pokoknya adalah Gedong Simpan sebagai linggih Sang Hyang Ananthaboga.


5. Pura Ulun Kulkul

Terletak sekitar 350 meter sebelah kiri jalan menuju Pura Penataran Agung. Di pura ini terdapat tujuh bangunan dan pelinggih. Pelinggih yang terpentingnya adalah Gedong Sari beratap ijuk sebagai linggih Dewa Mahadewa. Pura ini adalah salah satu linggih Dewa Catur Loka Phala, yaitu manifestasi Sang Hyang Widhi yang menguasai arah barat. Warna perhiasan di pura ini, pada waktu upacara, serba kuning.


6. Pura Merajan Selonding

Terletak di sebelah kiri Pura Penataran Agung, dengan lima bangunan dan pelinggih. Di pura ini tersimpan prasasti dan sejumlah pratima, serta gamelan slonding. Menurut sejarah, pura ini merupakan bekas bagian dari istana raja Sri Wira Dalem Kesari. Kini, pura ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan benda-benda pusaka.


7. Pura Goa

Terletak di sebelah kanan jalan berhadapan dengan Pura Merajan Selonding. Di kompleks ini terdapat goa yang besar, tetapi bagian-bagiannya sudah banyak yang runtuh. Menurut kepercayaan rakyat, goa itu tembus ke Goa Lawah, di sebelah timur Kusamba, sebagai goa untuk Sang Hyang Basuki. Di pura ini terdapat empat pelinggih.


8. Pura Banuwa

Terletak di sebelah kanan jalan di hadapan Pura Besakih, sekitar 50 meter dari Pura Penataran Agung. Dalam pura ini terdapat empat bangunan dan pelinggih pemujaan pokoknya ditujukan kepada Dewi Sri. Setiap sasih kepitu atau sekitar Januari, disini diadakan upacara Ngusaba Ngeed dan Ngusaba Buluh yang bertujuan mohon kemakmuran di sawah dan di ladang.


9. Pura Merajan Kanginan

Terletak di sebelah timur Pura Banuwa. Di pura ini terdapat tujuh bangunan dan pelinggih, diantaranya ada pelinggih untuk Mpu Baradah.


10. Pura Hyang Aluh

Terletak di sebelah barat Pura Penataran Agung, berjarak sekitar 200 meter. Di dalamnya terdapat tujuh bengunan dan pelinggih. Pelinggih pokok pada pura ini berbentuk gedong untuk linggih Ida Ratu Ayu.


11. Pura Basukihan

Letaknya di sebelah kanan tangga naik menuju Pura Penataran Agung. Disini terdapat 10 bangunan dan pelinggih. Pelinggih pokoknya berbentuk meru dengan atapnya meru dan atpnya bertingkat 9 sebagai linggih Sang Hyang Naga Basuki.


12. Pura Penataran Agung Besakih

Terletak di tengah-tengah kelompok pura yang termasuk lingkungan Pura Besakih. Kompleks pura ini termasuk terbesar di Pura Besakih. Terdiri dari 7 tingkat halaman dengan jumlah bangunan dan pelinggih seluruhnya sebanyak 53 buah. Disini terdapat meru besar-besar beratap tujuh tingkat 11, 9, 7, 5, dan 3. Pelinggih yang merupakan pemujaan pokoknya adalah Padma Tiga sebagai linggih Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Tri Purusa, yaitu Ciwa, Sadha Ciwa, dan Parama Ciwa yang sekaligus merupakan “poros” dari pura-pura yang lainnya.


13. Pura Batu Madeg

Terletak sekitar 150 meter di sebelah kanan (utara) Pura Penataran Agung. Pura ini adalah kompleks pura yang besar, dengan 29 bangunan dan pelinggih. Pelinggih pokoknya berbentuk meru besar beratap ijuk beratap 11. Bangunan ini merupakan linggih Dewa Wisnu sebagai manifestasi Sang Hyang Widhi Wasa, yang menguasai arah sebelah utara. Warna busana di pura ini adalah serba hitam.


14. Pura Kiduling Kreteg

Terletak di sekitar 300 meter di sebelah kiri (selatan) Pura Penataran Agung, di atas suatu bukit. Di dalamnya ada 21 bangunan dan pelinggih. Pelinggih pokoknya adalah meru besar beratap tingkat 11 sebagai linggih Dewa Brahma yaitu manifestasi dari Sang Hyang Widhi Wasa sebagai penguasa arah selatan. Kompleks pura ini merupakan kompleks yang besar, hampir sama besarnya dengan kompleks Pura Batu Madeg. Warna busana di pura ini merah.


15. Pura Gelap

Terletak sekitar 600 meter pada sebuah bukit sebelah timur Pura Penataran Agung. Di dalamnya terdapat enam bangunan dan pelinggih. Pelinggih pokoknya berbentuk meru beratap tingkat 3 sebagai linggih Dewa Iswara, manifestasi Sang Hyang Widhi Wasa sebagai penguasa arah sebelah timur. Warna busana di pura ini adalah serba putih.


16. Pura Peninjauan

Terletak sekitar 1 km di sebelah kanan Pura Penataran Agung, di dalmnya terdapat 12 bangunan dan pelinggih. Pelinggih pokoknya berbentuk meru beratap tingkat 11, tempat Mpu Kuturan memohon restu kepada Sang Hyang Widhi Wasa dalam rangka upacara di Gunung Agung.


17. Pura Pengubengan

Letaknya 1,5 km di sebelah utara Pura Penataran Agung, di dalamnya ada enam bangunan dan pelinggih. Fungsinya sebagai tempat ngayat atau ngubeng, yakni suatu upacara permakluman kepada Sang Hyang Widhi Wasa bahwa di Pura Penataran Agung akan dilangsungkan upacara. Pelinggih pokoknya berupa meru beratap tingkat 11.


18. Pura Tirta

Letaknya sekitar 300 meter di sebelah timur laut Pura Pengubengan. Di pura ini terdapat dua bangunan dan pelinggih, serta air suci (tirtha). Jika ada upacara di kompleks Pura Besakih, maka di pura inilah umat memohon tirta atau air suci.


19. Pura Pasar Agung

Letaknya di lereng Gunung Agung, melalui Desa Selat ke Desa Sebudi, lalu mendaki sekitar empat jam mendaki ke arah utara. Pelinggih-nya semua hancur waktu Gunung Agung meletus pada 1963, dan menjelang karya Eka Dasa Rudra di Besakih telah mulai diperbaiki secara bertahap sampai sekarang.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Pura Besakih Tempat Umat Memohon Selamat"

Posting Komentar